Senin, 04 April 2011

Mata Berwarna-Warni Bak Pelangi

Heterochromia berasal dari kata hetero (banyak) dan chrome (spektrum/warna). Ini sebenarnya adalah penyakit yang menyebabkan perbedaan pada warna mata, kulit atau rambut. pada mata, kelainan ini disebut heterochromia iridium.

    Heterochromia
 ini disebabkan oleh berubahnya jumlah melanin (pigmen) yang menyebabkan warna sesuatu dapat berubah. Jika pigmen menjadi lebih banyak maka bisa disebut hyperpigmented (menyebabkan hyperchromic) dan lebih sedikit, hypopigmented (hypochromic). Kelainan ini juga bisa ber efek keseluruhan, atau hanya sebagian.

    Pada kulit dan rambut, kelainan ini jarang terjadi, pada mata pun lebih banyak terjadi pada hewan. tetapi ada banyak orang terkenal yang menderita kelainan ini. Berdasarkan pencarian saya di google, berikut adalah contohnya : Alexander the Great, Anastasius I of the Byzantine Empire, Dan Aykroyd , Kate Bosworth, David Bowie, Michael Flatley, Louis Émile Javal, dan masih banyak lagi …
Ngemeng2 ada yg kenal ngga mah orang yg saya sebutkan tadi ?? heheheheheh

    Kelainan ini diantaranya disebabkan oleh pendarahan pada mata, keturunan, glaucoma, dan lain-lain. dan ada satu fakta unik disini, bahwa kebanyakan kucing yang berbulu putih total, biasanya menderita heterochromia! begitu juga pada anjing siberian husky! 
Sebenarnya kelainan mata seperti ini lebih banyak diderita oleh hewan ketimbang manusia. Dibawah ini adalah beberapa hewan yang mengalami kelainan mata atau yang kita kenal dengan heterochromia iridium.

Sumber : bennyantoni.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan kritik dan saran pada blog ini.

Terima kasih.