Minggu, 08 Mei 2011

Apa itu Android ?

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
 
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
 
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Perkembangan Android

Sistem operasi Android dikembangkan pertama kali oleh Android, Inc. sebuah perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, US. Pengembangnya adalah Andy Rubin. Android Inc. kemudian diakuisisi oleh Google Inc. pada Juli 2005 sejalan dengan desas-desus tentang rencana Google untuk masuk ke pasar pengembangan handset(telepon selular). Oleh Google, Android kemudian dikembangkan lagi menjadi platform perangkat mobile yang didukung oleh kernel Linux yang kemudian akan dipasarkan ke produsen handset(telepon selular)dengan tujuan memberikan sebuah sistem operasi yang fleksibel dan upgradeable. Tim pengembang ini terdiri dari Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Sistem Operasi Android sendiri telah tersedia sebagai sistem operasi Open Source sejak 21 Oktober 2008. Google membuka seluruh kode sumber (termasuk jaringan dan telepon) di bawah lisensi Apache.

Ini memungkinkan komunitas ataupun non komunitas IT untuk dapat mengembangkan atau membuat aplikasinya sendiri. Saat ini lebih dari ribuan aplikasi yang sudah tersebar di Android market dan website blog blog pribadi. Untuk mengembangkan Android lebih jauh lagi maka dibentuklah Open Handset Alliance.

Sekilas tentang Open Handset Alliance
 
Open Handset Alliance Adalah sebuah konsorsium yang terdiri dari beberapa perusahaan hardware, perusahaan software dan perusahaan telekomunikasi yang ditujukan untuk memajukan standar terbuka bagi perangkat selular, perusahaan-perusahaan tersebut antara lain Texas Instruments, Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel dan T-Mobile. Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler.

Pengaplikasian Android
 
HTC Magic adalah smartphone pertama didunia yang menggunakan sistem operasi Android. Di tengah maraknya Blackberry di Indonesia saat ini, tantangan HTC Magic memang sangat berat, tidak mudah untuk merebut pasar Blackberry ditambah lagi dengan desain Blackberry dengan Qwerty keyboard yang berhasil memikat hati para konsumennya. Sebagai awal, HTC harus bisa menunjukkan keunggulan sistem operasi Android dibanding sistem operasi mobile yang lainnya. Kalaupun para konsumen akhirnya melihat kelebihan Android, HTC harus siap bersaing dengan ponsel berbasis Android dari pabrikan lain seperti Samsung yang akan segera menghadirkan ponsel Android.

Pada bulan September 2007, InformationWeek mengutip sebuah studi Evalueserve melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telepon seluler. Akhirnya Google meluncurkan smartphone Nexus salah satu yang menggunakan open source Android mobile sistem operasi. Perangkat ini diproduksi oleh Taiwan’s HTC Corporation, dan menjadi tersedia pada 5 Januari 2010.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)
http://infoapaaja.blogspot.com/2010/09/teknologi-android.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan kritik dan saran pada blog ini.

Terima kasih.