Selasa, 16 Februari 2010

Mac Os

MAC OS

Sebelumnya kita akan membahas dari Mac Os itu sendiri, Mac Os ( Macintosh Operating System ) yaitu Sistem operasi computer yang dibuat oleh Apple Computer dan dipergunakan khusus untuk computer Macintosh. Os ini tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Mac Os pengguna pertama antarmuka pengguna grafik ( Graphical User Interface – GUI ).  Mac Os diperkenalkan pada tahun 1984, dan sejak tahun 2006 Mac Os telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.
Sistem Operasi Macintosh  dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7” atau “Sistem 7”. Dan juga dikenali sebagai Kotak Perkakasan “Toolbox”. Istilah seperti “system” dan “kotak perkakasan (Toolbox)” merupakan cara mudah untuk merujuk kepada perkhidmatan sistem operasi dan Macintosh API selanjutnya mengelakkan penggunaan istilah teknikal (technical jargon).

Mac Os Klasik

Mac  Os klasik adalah suatu system yang tidak memiliki commad line. Sistem ini juga pengguna grafik (UI) dan merupakan system yang multitugas (cooperative multitasking). Mac Os juga memperkenalkan Sistem File Hierarki (Hierarchical File System), sebagai satu cara inovatif penyususnan file. Satu file pada DOS atau Unix merupakan  (byte), yang memerlukan aplikasi untuk mengetahui bagian byte mana yang mewakili kod dan bagian mana yang mewakili grafik atau data yang lain, File Mac mempunyai dua bagian yang berbeda. Meski begitu jika suatu file yang dituliskan di Mac Os dan jika diberikan pada DOS atau Unix, maka file tersebut tidak akan terbaca.

Mac Os X

Mac Os X merupakan peringkasan memori seperti Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac. Peringkasan memori ini jauh lebih baik, karena bisa memproses program lebih banyak. Mac OS X ini sudah banyak ditunggu oleh orang-orang, tetapi terdapat beberapa yang mengkritiknya karena menggunakan Mac OS ini memang agak sulit dan pengguna nya pun sangat jarang.

Sumber ini didapat dari :  www.beritanet.com/Technology/45.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan kritik dan saran pada blog ini.

Terima kasih.