Sabtu, 12 Juni 2010

Hacking dan beberapa metodenya

Hacking adalah suatu aktivitas penyusupan ke dalam sebuah sistem komputer ataupun jaringan dengan tujuan untuk menyalahgunakan ataupun merusak sistem yang ada. Adapun pengertian yang berbeda hacking yaitu orang yang tertarik dan mendalami suatu sistem operasi komputer sehingga mengetahui kelemahan yang ada pada suatu sistem tetapi tidak memanfaatkan kelemahan tersebut untuk kejahatan. Berbeda dengan craker dimana mereka memasuki sistem orang lain dengan tujuan tidak baik.

Hacker yaitu orang yang mempelajari, menganalisa, membuat, memodifikasi, dan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer, seperti program komputer, administrasi dan lain-lainnya.

Ada beberapa metode dalam hacking seperti berikut :

*Information Gathering, langkah pertama yang dilakukan oleh hacker adalah mendapatkan sejumlah informasi tentang target yang akan diserangnya.
Beberapa cara yang dilakukan dalam Information Gathering antara lain :
1. Find Vulnerability adalah mencari informasi target dengan melacak kelemahan (scanning) terhadap sistem komputer target.
2. Revealing Error Message adalah mencari informasi dengan melihat pesan error yang terdapat pada sistem komputer target.
3. Get Credential Info adalah mencari informasi penting dengan mengambil dari log, backup, files,dan lain-lain.

* Scanning / Sniff, langkah kedua yang dilakukan oleh hacker adalah dengan melakukan scanning atau sniffing terhapad sistem. Biasanya tahap ini dilakukan
dengan menggunakan berbagai tool, contoh:nmap,superscan,dan lain-lain.

* Attack / Exploit, langkah ketiga yang dilakukan oleh hacker adalah melakukan attacking / exploit terhadap sistem target. Attcaking ini adalah pembuka jalan untuk proses attack berikutnya. Attack ini menggunakan tool antara lain metasploit dll.

* Backdoor ( Keep it Easy to Visit Again), langkah keempat yang dilakukan oleh hacker yaitu menanamkan sesuatu pada sistem atau melakukan patching / altering terhadap sistem untuk memudahkan proses attacking selanjutnya.

* Covering, langkah terakhir yang dilakukan oleh hacker adalah covering your tracks yaitu menghapus jejak agar tidak dapat dilacak oleh sistem administrator. Covering biasanya dilakukan dengan tunneling / proxy, rootkits atau menghapus log.

Sumber : Buku 1 Jam Belajar Teknik HACKING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan kritik dan saran pada blog ini.

Terima kasih.