Selasa, 05 Oktober 2010

Kebudayaan Indonesia

      Kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide gagasan yang terdapat di dalam pikiran manusia, sehingga dalam kebudayaan itu bersifat abstrak sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia itu sendiri sebagai makhluk yang berbudaya. Manusia dibentuk dan dibesarkan dalam kebudayaan dan manusia yang membentuk dan menentukan kebudayaan. Namun, kebudayaan yang sesungguhnya menentukan kehidupan manusia karena manusia hidup dalam alam yang serba berbudaya, yang berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata. Misalnya, pola perilaku yaitu bahasa, peralatan hidup, organisasi, sosial, religi, dan sosial.
  
    Budaya yang ada di Indonesia yaitu yang terdiri dari budaya Jawa, Sunda, Banten, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Makasar. Selain itu Budaya Betawi juga merupakan salah satu Budaya yang ada di Indonesia.
   
   Kebudayaan Betawi yang merupakan hasil dari perkawinan berbagai macam budaya, baik yang berasal dari daerah – daerah lain di Nusantara maupun dari budaya asing. Secara biologis, mereka yang mengaku sebagai budaya betawi adalah keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bangsa. Mereka adalah hasil kawin-mawin antar etnis dan bangsa pada masa lalu.
   
   Apa yang disebut dengan orang atau suku betawi sebenarnya terhitung pendatang baru di Jakarta. Kelompok etnis ini lahir dari perpaduan berbagai kelompok etnis lain seperti orang Sunda, Jawa, Arab, Bali, Sumbawa, Ambon dan Melayu. Pengakuan terhadap adanya kaum Betawi sebagai sebuah kelompok etnis dan sebagai satuan sosial dan politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan kritik dan saran pada blog ini.

Terima kasih.