Senin, 13 Desember 2010

Resensi

DATA BUKU
Judul            : The Best of Chinese wisdoms
Penulis         : Leman
Penerbit       : PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan       : I, 2008
Tebal           : xxxiv + 173 halaman
 
Belajarlah sampai ke negeri Cina! Ungkapan itu memang tidak hanya sekedar ungkapan, tetapi memang begitulah kenyataanya. Berbagai peninggalan sejarah dan kebudayaan negeri tirai bamabu ini memang patut dikagumi dan dipelajari oleh setiap orang di mana saja. Salah satu warisan kebudayaan Cina yang sudah ada ribuan tahun lalu, tetapi hingga kini masih relevan dan bisa diterapkan dalam kehidupan modern saat ini adalah Cina klasik (Chinese Wisdom).

Kebijaksanaan Cina klasik yang ada di dalam buku ini mengandung nilai-nilai kebijaksanaan, Semangat, motivasi, strategi, dan kepemimpinan yang difokuskan pada masa Dinasti Qin, Dinasti Han, dan Periode Tiga Negara. Dinasti Han, misalnya adalah dinasti yang paling lama bertahan dan Berjaya dalam sejarah Cina, yakni berkuasa sekitar 400 tahun. Oleh karena itu, mayoritas orang Cina sangat bangga menyebut dirinya sebagai orang Han.

Berbagai kisah dalam buku ini dikutip dari peribahasa Cina yang umumnya terdiri dari empat huruf, tetapi sarat dengan pesan moral, inspirasi, dan motivasi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Yang menjadi kelemahan buku ini adalah tidak tercamtumnya padanan kata untuk istilah-istilah yang berasal dari bahasa Cina sehingga mengganggu pemahaman pembaca yang tidak mengerti bahasa Cina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan kritik dan saran pada blog ini.

Terima kasih.